Volvo 360c - Autonomous Car

Mobil tanpa pengemudi, atau yang modernnya disebut autonomous car semakin giat dikembangkan oleh industri otomotif.

Volvo 360c yang menawarakan rasa berkendara layaknya sebuah pesawat first-class dan ditujukan untuk perjalanan jauh. Dalam presentasinya, Volvo menjanjikan 360c konsep ini sebagai kendaraan yang nyaman bagi penumpang layaknya rumah sendiri.

Fokus utama dari mobil otonom Volvo 360c konsep ini adalah konfigurasi dalam kabin yang terbagi menjadi 4 pilihan. Volvo ingin memindahkan ruangan rumah ke dalam kabin. Adapun konfirugasi kabin yang dihadirkan Volvo adalah kamar tidur, ruang kerja, ruang tamu dan ruang hiburan. Meski belum diketahui pengembangan mobil ini sudah sampai mana, namun Volvo berharap mobil otonom ini bisa digunakan sebagai alternatif perjalanan jauh selain pesawat terbang.


Analisis Project Volvo:
  • Time
Volvo  memasang target release date untuk project Volvo 360c ini di tahun 2021.
  • Cost
Volvo tidak membocorkan seberapa besar pendananaan untuk project Volvo 360c ini, yang pasti jika kita bayangkan sebuah pesawat dengan pelayanan mewahnya, Volvo 360c ini berkisar di harga US$ 50,000 dengan 5 seats.
  • Scope
Volvo 360c dengan segala fitur yang diberikan sangat mendukung seseorang dalam mengefisienkan waktu idle saat berkendara di mobil, seperti bekerja, rapat, menerima tamu, beristirahat dan sebagainya, menjadikan sasaran volvo untuk menjual mobil autonomousnya ini lebih cocok ke businessman ataupun golongan menengah keatas yang notabene memerlukan tools untuk mengefisiensikan waktu ditengah kesibukan mereka.
  • Feature
  1. Self-Driving.
  2. Empat pilihan konfigurasi kabin (kamar tidur, ruang kerja, ruang tamu, dan ruang hiburan)
  3. Voice assistant.
  4. Sudah menggunakan tenaga listrik untuk bahan bakar.
dan masih banyak lagi fitur yang belum dipaparkan oleh volvo tentang mobil otonomnya ini. 

Masih banyak tantangan yang harus dijawab volvo jika ingin merealisasikan autonomous car-nya ini, soalnya dengan konsep full automation yang berarti 100% mempercayakan kemudi kepada mobil tentunya hal tersebut sangat fatal karena menyangkut keselamatan penumpang, juga dengan kondisi jalan raya yang tidak selalu mulus menambah tantangan bagi volvo agar self-driving car yang mereka konsepkan ini tidak mengambil keputusan yang salah ketika berkendara, tentunya dengan kondisi tersebut volvo harus didukung dengan high-technology seperti sensor dan semacamnya.

Sumber Referensi : https://cintamobil.com/review-mobil/review-volvo-360c-2018-autonomous-concept-aid595#fitur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan Basis Data Google Spreadsheet

Membuat fitur CRUD dan Login-Logout - Codeigniter